Page 3 - Dasar dan Pengukuran Listrik Semester 1
P. 3

KATA PENGANTAR


                             Kurikulum  2013  adalah  kurikulum  berbasis  kompetensi.  Di  dalamnya
                        dirumuskan  secara  terpadu  kompetensi  sikap,  pengetahuan  dan  keterampilan
                        yang  harus  dikuasai  peserta  didik  serta  rumusan  proses  pembelajaran  dan
                        penilaian  yang  diperlukan  oleh  peserta  didik  untuk mencapai  kompetensi  yang
                        diinginkan.
                             Faktor  pendukung  terhadap  keberhasilan  Implementasi  Kurikulum  2013
                        adalah  ketersediaan  Buku  Siswa  dan  Buku  Guru,  sebagai  bahan  ajar  dan
                        sumber belajar yang ditulis dengan mengacu pada Kurikulum 2013. Buku Siswa
                        ini  dirancang  dengan  menggunakan  proses  pembelajaran  yang  sesuai  untuk
                        mencapai  kompetensi  yang  telah  dirumuskan  dan  diukur  dengan  proses
                        penilaian yang sesuai.
                             Sejalan dengan itu, kompetensi keterampilan yang diharapkan dari seorang
                        lulusan SMK adalah kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam
                        ranah  abstrak  dan  konkret.    Kompetensi  itu  dirancang  untuk  dicapai  melalui
                        proses pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) melalui kegiatan-
                        kegiatan  berbentuk  tugas  (project  based  learning),  dan  penyelesaian  masalah
                        (problem solving based learning) yang mencakup proses mengamati, menanya,
                        mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Khusus untuk
                        SMK ditambah dengan kemampuan mencipta .
                             Sebagaimana  lazimnya  buku  teks  pembelajaran  yang  mengacu  pada
                        kurikulum berbasis kompetensi, buku ini memuat rencana pembelajaran berbasis
                        aktivitas. Buku ini memuat urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-
                        kegiatan yang harus dilakukan peserta didik. Buku ini mengarahkan hal-hal yang
                        harus  dilakukan  peserta  didik  bersama  guru  dan  teman  sekelasnya  untuk
                        mencapai kompetensi tertentu; bukan buku yang materinya hanya dibaca, diisi,
                        atau dihafal.
                             Buku ini merupakan penjabaran hal-hal yang harus dilakukan peserta didik
                        untuk  mencapai  kompetensi  yang  diharapkan.  Sesuai  dengan  pendekatan
                        kurikulum  2013,  peserta  didik  diajak  berani  untuk  mencari  sumber  belajar  lain
                        yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Buku ini merupakan edisi ke-1.
                        Oleh  sebab  itu  buku  ini  perlu  terus  menerus  dilakukan  perbaikan  dan
                        penyempurnaan.
                             Kritik,  saran,  dan  masukan  untuk  perbaikan  dan  penyempurnaan  pada
                        edisi  berikutnya  sangat  kami  harapkan;  sekaligus,  akan  terus  memperkaya
                        kualitas penyajian buku ajar ini. Atas kontribusi itu, kami ucapkan terima kasih.
                        Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada kontributor naskah, editor isi,
                        dan editor bahasa atas kerjasamanya. Mudah-mudahan, kita dapat memberikan
                        yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan menengah kejuruan dalam rangka
                        mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).


                        Jakarta, Januari 2014
                        Direktur Pembinaan SMK



                        Drs. M. Mustaghfirin Amin, MBA



                                                                                                      ii




                              http://hsusanto.blogspot.com
   1   2   3   4   5   6   7   8