Page 56 - Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual (Modul 2)
P. 56

alur kerja yang kuat. Contohnya:
            Apakah Anda membutuhkan ruang tambahan untuk karyawan baru? Berapa banyak?
            Apakah Anda akan menyimpan peralatan atau perlengkapan lain untuk menyelesaikan proyek?

            Apakah area kerja bebas dari gangguan dan kebisingan?
            Apakah Anda memerlukan ruang pribadi untuk bertemu dengan klien secara pribadi?
            Meskipun  beberapa  pertanyaan  ini  mungkin  tidak  berlaku  saat  Anda  pertama  kali  memulai

            bisnis  desain  grafis,  pastikan  untuk  memperhitungkan  pertumbuhan  bisnis  saat  Anda
            merencanakan cara menggunakan ruang Anda di masa depan.

            9. Bangun relasi bisnis yang potensial
            Setelah Anda secara resmi memulai bisnis desain grafis, sekarang saatnya menyebarkan berita
            dan mulai mencari relasi dan membangun jaringan. Meskipun Anda mungkin harus mengambil

            langkah  keluar  dari  zona  nyaman  Anda,  menyebarkan  berita  tentang  bisnis  Anda  adalah
            tanggung jawab utama di masa-masa awal.

            Jika ada forum profesional di lingkungan atau komunitas Anda, sekarang adalah waktu  yang
            tepat  untuk  menjadi  anggota.  Jika  Anda  memiliki koneksi  di  komunitas  bisnis  lokal,  bagikan
            tautan ke situs web atau portofolio baru Anda.

            Jika  Anda  memilih  untuk  bekerja  dengan  koneksi  pribadi  (seperti  teman  atau  anggota
            keluarga), pastikan mereka memiliki pemahaman yang baik tentang batasan dan persyaratan

            bisnis Anda. Meskipun menyenangkan untuk mengulurkan tangan untuk membantu, bukanlah
            ide yang baik untuk terus bekerja secara gratis.
            10. Pasarkan bisnis desain grafis Anda

            Kebanyakan  pakar  bisnis  setuju  bahwa  kesuksesan  instan  itu  hampir  mustahil.  Pemilik  bisnis
            baru harus meluangkan waktu untuk mempertimbangkan bagaimana memasarkan layanan dan
            produk  mereka.  Dengan  desain  grafis,  Anda  sering  dapat  menggunakan  proyek  sebelumnya

            untuk menunjukkan bakat dan keterampilan layanan pelanggan Anda.
            Baik  Anda  menyimpan  layanan  pemasaran  sendiri  atau  memilih  untuk  bekerja
            dengan konsultan bisnis, luangkan waktu untuk memastikan bahwa semua materi pemasaran

            (termasuk situs perusahaan Anda) mengomunikasikan misi dan tujuan merek Anda.
            Karena desain grafis adalah bidang yang sangat visual, materi pemasaran juga harus kohesif

            dan dengan cepat mengomunikasikan tampilan, nuansa, dan gaya perusahaan Anda.
            Saat  bisnis  Anda  berkembang,  pertimbangkan  cara  menjangkau  audiens  baru  dengan  alat


                                                           13
   51   52   53   54   55   56   57   58   59