Page 19 - Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual (Modul 4)
P. 19

(keyakinan) diantara Desire dan Action, sehingga menjadi AIDCA. Analisis data juga dapat
            dilakukan melalui analisis SWOT yaitu Strength (kekuatan),

            Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang),  dan Threath (ancaman). Dan  yang paling
            umum  adalah  dengan  analisis 5W1H (What, Who, Where, When, Why, dan

            How) atau ditambahkan menjadi 5W2H dengan 1H yang lain yaitu How Much.


            C. Sintesis

            Tahapan  sintesis  dilakukan  melalui  tahapan  perencanaan  media  dan perencanaan

            kreatif.


            Perencanaan Media:
                 1. Tujuan Media

                 Tujuan  media  dibentuk  dari  tiga  aspek,  yaitu  jangkauan  (reach),  frekuensi
                 (frequency)  dan  kesinambungan  (continuity). Sebelum  menentukan  strategi  media

                 perlu  dipertimbangkan  sasaran/segmentasi  (khalayak  sasaran/target  audience):

                 Jangkauan  demografis,  seperti  jenis  kelamin,  usia,  status  sosial  dan  ekonomi  (semua
                 lapisan    baik    menengah  ke    bawah    maupun    menengah    ke    atas),    status

                 pendidikan;
                 jangkauan  psikografis  (kesukaan  atau  kebiasaan);  dan  jangkauan  geografis

                 (wilayah/lokasi, lokal, nasional, perkotaan, pedesaan, dsb).

                 2. Strategi Media
                 Strategi  media  sebagai  jawaban  tujuan  media  yang  telah  ditetapkan,  meliputi

                 pemilihan  media  dan  prioritas  media  dan  menentukan  media  utama  dan  media
                 penunjang.  Pemilihan  media  disesuaikan  dengan  karakter audience,  misal  poster

                 yang ditempelkan  di  sekolah-sekolah  sasaran  pemeriksaan gigi  yang dapat  dilihat

                 setiap  saat  oleh audience.  Prioritas  media  adalah  melakukan  seleksi  lebih  ketat
                 berdasarkan budget media yang tersedia, serta efektivitas komunikasinya.

                 3. Program Media



                                                                                                               19
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24