Page 165 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 165

(gambar) atau  tampilan      Berdasarkan ukurannya dan
                                     viaual lainnya.              penempatannya, iklan majalah
                                 o  Secara visual, tampilan       bisa dikelompokkan menjadi
                                     yang ditonjolkan adalah      beberapa jenis, yaitu:
                                     gambar berwarna, baru
                                     kearah judul (headline)      x Iklan  cover, yang ditam-
                                                                    pilkan di depan  bagian
                                     maupun body copy.
                                                                    dalam, di belakang bagian
                                 Kelebihan                          luar, dan di belakang bagian
                                 o  Jangkauan pasar secara          dalam.
                                     selektif (khusus).           x Iklan dua halaman, biasanya
                                 o Berkualitas, karena dicetak      ditengah-tengah.
                                     di atas kertas yang berkua-  x Iklan satu halaman
                                     litas tinggi.                x Iklan setengah halaman
                                 o  Memiliki kreatifitas yang     x Iklan baris atau kolom
                                     tinggi  dalam    penyajian
                                     iklan.
                                 o  Memiliki daya hidup pesan-
                                     nya lebih lama.
                                 o  Memiliki keunggulan pres-
                                     tise bila iklan diterbitkan
                                     pada majalah ternama.
                                 o  Fleksibel dan dapat me-
                                     nyesuaikan materi iklan
                                 o Mampu  menyajikan  pesan
                                     secara terperinci
                                 o  Mudah dibawa kemana-
                                     mana.

                                 Kelemahan
                                 o  Penerbitan di majalah me-
                                     merlukan biaya  yang tidak
                                     sedikit.
                                 o  Jangkauan dan frekuensi
                                     terbatas.
                                 o  Proses pemuatan iklan
                                     membutuhkan waktu yang
                                     relative lama.
                                 o  Makin banyak persaingan
                                     iklan bila majalah terkenal.
                                 o  Hanya orang-orang terten-                Gambar 16.49:
                                     tu yang membeli majalah.        Rancangan iklan dua halaman majalah








                                 Desain Grafis Komunikasi                                    411











                               http://hsusanto.blogspot.com
   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169   170