Page 5 - Modul 2 Pak Usman
P. 5

IDENTIFIKASI




       Siswa yang                  Cara               Kegemaran                     Kebutuhan
       memiliki                  Berpikir,
       kecenderungan             melalui :

           LINGUISTIK            kata-kata         Membaca,menulis,          Buku, kertas, alat rekam,
                                                   bercerita,bermain           buku harian, dialog,
                                                  permainan kata-kata          diskusi, debat, cerita

        MATEMATIS-LOGIS         penalaran        Bereksperimen, Tanya           Bahan-bahan untuk
                                                  jawab, memecahkan          bereksperimen, kegiatan
                                                       teka-teki            manipulatif, kunjungan ke
                                                    logis,berhitung                museum, dll

             SPASIAL              Kesan –             Mendesain,              Seni, video, film, slide.
                                  gambar             menggambar,                Buku-buku ilustratif
                                                    membayangkan,
                                                    mencoret-coret

           KINESTETIS             Sensasi           Menari,berlari,                  Bermain
                                  somatis        melompat, membuat            drama,bergerak,benda
                                                  bangunan, meraba,             rakitan, oleharaga.
                                                  menggerakan isyarat           Permainan fisik, dll
                                                        tangan

            MUSIKAL             Irama dan          Bernyanyi, bersiul,      Waktu bernyanyi bersama,
                                  melodi             bersenandung,          kunjungan ke acara musik,
                                                 mengetuk-ngetukkan          musik di sekolah/rumah
                                                    tangan dan kaki,
                                                     mendengarkan

         INTERPERSONAL          Melempar              Memimpin,             Teman-teman, permainan
                                 gagasan            mengorganisasi,           kelompok, pertemuan
                                                menghubungkan,meneb          social, perkumpulan, dll
                                                    arkan pengaruh,
                                                   menjadi mediator,
                                                       berpesta

        INTRAPERSONAL          Berhubungan         Menyusun tujuan,           Tempat rahasia, waktu
                                  dengan        bermeditasi, melamun,       menyendiri, proyek sendiri,
                                 perasaan              merenung                       pilihan
                                  pribadi

           NATURALIS             Alam dan       Bermain dengan              Akses ke alam, kesempatan
                               pemandanga       binatang piaraan,           berinteraksi dengan alam,
                                     n          berkebun, meneliti           peralatan untuk meneliti
                                                alam, memelihara                     alam, dll
                                                binatang, peduli
                                                lingkungan
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10