Page 130 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 130

XVI. DESIGN: APLIKASINYA



                                 Perencanaan media  adalah        Tujuan perencanaan media,
                                 proses    pengarahan     pesan   meliputi:
                                 melalui media komunikasi ke      Jangkauan, merupakan target
                                 khalayak    sasaran    (masya-   segmentasi sesuai  dengan
                                 rakat) pada waktu dan tempat     wilayah jangkauan yang di-
                                 yang tepat serta menggu-         bidik melalui media komu-
                                 nakan saluran yang tepat.        nikasi, misalnya iklan yang
                                 Perencanaan     media    harus   dikomunikasikan melalui mas-
                                 memperhatikan empat kelom-       media RADAR kota  tertentu
                                 pok kegiatan, yaitu:  memilih    yang memiliki jangkauan pada
                                 kelompok     sasaran   masya-    kota tersebut, sangat beda
                                 rakat, tujuan media, jenis       dengan masmedia KOMPAS
                                 media dan sasarannya.            yang jangkauannya masional.

                                                                  Frekuensi, merupakan  sebe-
                                 1) Memilih kelompok sasar-       rapa sering khalayak sasaran
                                     an masyarakat                melihat, membaca, maupun
                                                                  mendengar selama  dekade/
                                 Berhasil atau tidaknya media
                                 komunikasi yang dirancang        periode    tertentu.  Misalnya
                                                                  berapa kali iklan diterbitkan
                                 bisa ditentukan olek pemilihan   disurat kabar, berapa kali
                                 kelompok sasaran masyarakat      orang melihat poster yang
                                 yang dituju. Kelompok masya-     dipasang di jalan protokol,
                                 rakat yang mempunyai ka-         atau berapa kali sehari orang
                                 rakteristik   tertentu    yang   mendengar iklan di radio.
                                 cenderung bertindak serupa
                                 dan    mempunyai     keinginan   Berkelanjutan, suatu produk/
                                 serupa. Kelompok ini sebagai     jasa harus di komunikasikan
                                 kelompok segmen dan  kelom-      secara    terus-menerus    dan
                                 pok pembeli melalui kemiripan    berkelanjutan. Untuk membe-
                                 tertentu dalam  membeli pro-     rikan perhatian, tanggapan,
                                 duk atau jasa.                   dan ingatan seseorang terha-
                                                                  dap produk/jasa maka di-
                                 2) Memilih tujuan media          perlukan promosi / mengko-
                                                                  munikasikan terhadap produk/
                                 Suatu perusahaan / pemesan
                                 media komunikasi tentunya        jasa.
                                 mempunyai tujuan-tujuan ter-     Biaya,    merupakan     jantung
                                 tentu agar produk/jasa yang      akan terwujudnya suatu media
                                 dikomunikasikan melalui me-      komunikasi. Dalam mewujud-
                                 dia  isa  diterima  masyarakat.    kan media komunikasi ten-
                                                                  tunya diperlukan biaya, baik




                                 Desain Grafis Komunikasi                                    376











                               http://hsusanto.blogspot.com
   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135