Page 134 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 134

2. Tagline                       Contoh slogan yang telah
                                                                  terpilih untuk digayakan sesuai
                                 Tagline / slogan merupakan
                                 baris kalimat penutup yang       dengan isi dan maksud slogan
                                                                  tersebut agar lebih melekat
                                 digunakan  sebagai alat untuk
                                 mengungatkan atau mencip-        dan mengena.
                                 takan citra  merek atau peru-
                                 sahaan. Tagline/slogan dicip-
                                 takan sebagai bagian dari
                                 kampanye identitas produk
                                 atau perusahaan. Ada bebe-
                                 rapa yang harus diperhatikan
                                 dalam membuat  tagline/ slo-
                                 gan, antara lain:

                                 x  Kata-kata yang dibuat  ha-               Gambar 16.7:
                                     rus bersifat menjual ter-         Pemilihan jenis tipografi sangat
                                     hadap produk/perusahaan.          menentukan untuk mendukung
                                                                            maksud slogan
                                 x   Kata-kata    yang    dibuat
                                     harus mudah dipahami         3. Logo:  Logotype, Logo-
                                     oleh pembaca.                    gram
                                 x  Kata-kata yang dibuat  ha-    Logo adalah lambang atau
                                     rus menyegarkan, misal-      tanda dari sebuah  perusa-
                                     nya: ”sekarang juga, me-     haan/lembaga. Adanya logo,
                                     ngapa harus besuk”.          preusan / lembaga bisa lebih
                                 x  Kata-kata yang digunakan      berwibawa dan terpercaya.
                                     harus menarik perhatian,     Dalam pembuatan  logotype
                                     misalnya ”beli satu dapat    (logo yang bentukkan ke
                                     dua”                         huruf) dan  logogram (logo
                                                                  yang  mengarah ke simbol)
                                 x  Kata-kata yang digunakan      bisa dibuat dengan  manual
                                     harus membangun image        atau dengan komputer, Namur
                                     positif, misalnya ”kemana-   tetap hasil  akhirnya menggu-
                                     pun anda pergi, kami sela-   nakan dengan teknik komputer
                                     lu menemanimu”.              agar lebih rapi dan bagus.
                                 x  Kata-kata yang digunakan
                                     harus singkat, padat,  be-   a. Teknik Manual
                                     risi, efektif dan efisien,   Tidak harus dengan teknologi
                                     agar    pembaca     mudah    teinggi, manualpun juga bisa
                                     membaca,       memahami,     berekspresi melalui goresan
                                     mudah diingat, dan mudah     tangan
                                     dihafal.






                                 Desain Grafis Komunikasi                                    380











                               http://hsusanto.blogspot.com
   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138   139