Page 200 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 200

Gambar 17.2:
                                           Bagaimana sebuah iklan ditampilkan pada kolom sebuah majalah

                                 Produk/jasa lokal yang dipa-     Penerbitan iklan pada ma-
                                 sarkan secara lokal (secara      jalah, bisa dengan ukuran luas
                                 geografis),  maka hanya dibu-    halaman, atau sesuai dengan
                                 tuhkan iklan pada mas  media     jumlah kolom yang dipesan,
                                 terbitan lokal. Atau segmentasi   sebagai contoh iklan di atas.
                                 berdasarkan     faktor  demo-
                                 grafis, seperti produk kosmetik   C. Pemasangan Rancangan
                                 yang ditujukan pada usia             Grafis Media luar
                                 remaja, maka iklan sebaiknya     Dalam     merancang      media
                                 ditampilkan    pada    majalah   grafis komunikasi media luar
                                 Gadis yang sebagian besar        harus mengetahui jenis bahan
                                 dibaca    oleh   para   remaja   yang akan dipakai, dimana
                                 khususnya kaum hawa. Pro-        media itu akan dipasang, dan
                                 duk    minuman      penambah     teknik kontruksi  dalam  pema-
                                 energi atau stamina yang         sangan media tersebut. Maka
                                 sesuai diiklankan pada tabloid   dari itu sebelum merancang
                                 olah raga  atau koran pada       media grafis sebaiknya harus
                                 rubrik olah raga.
                                                                  mengetahui atau membidik
                                 Pemberitaan produk melalui       tempat dimana media tersebut
                                 iklan  tersebut, harus benar-    akan dipasang.
                                 benar di kontrol sesuai per-     Data yang diperlukan antara
                                 mintaan, seperti diterbitkan di   lain, bagaimana kondisi ling-
                                 rublik apa, halaman berapa,      kungan, suasana lalu-lintas,
                                 ukurannya berapa, dan bera-      berapa banyak orang yang
                                 pa kali terbitan. Pengontrolan   lewat, berapa rata-rata kece-
                                 ini perlu karena bila hal ini    patan kendaraan yang lewat di
                                 tidak sesuai dengan permin-      jalan tersebut. Data tersebut,
                                 taan maka bisa jadi kita (biro   adalah untuk mempercepat
                                 advertising) akan dikomplain     proses dalam berkarya.
                                 klain (pemesan).




                                 Desain Grafis Komunikasi                                    445











                               http://hsusanto.blogspot.com
   195   196   197   198   199   200   201   202   203   204   205