Page 204 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 204

XVIII. BUGETING

                                 Budgeting merupakan praktik      Penggunaan      model     yang
                                 keuangan dan akuntansi untuk     diambil dengan teknik fotografi
                                 mengalokasikan dana dalam        untuk pembuatan media grafis,
                                 perusahaan     dengan    mem-    berapa roll  yang dibu-tuhkan,
                                 perkirakan  semua biaya se-      hingga pembayaran model, di
                                 cara rinci dalam membantu        sinilah merupakan proses pra
                                 memenuhi      tuntutan   media   produksi.    Pengga-lian    ide
                                 promosi    secara    maksimal    melalui data-data pendukung
                                 dengan biaya yang serendah-      dalam penciptaan media grafis
                                 rendahnya.                       komunikasi, ini juga salah satu
                                                                  proses pra produksi.

                                                                  Jadi semua kegiatan yang
                                 A. Pra Desain/Produksi           dilakukan sebelum proses ber-
                                     (Free Design)                karya (produksi) maka kegia-
                                 Pra produksi merupakan awal      tan itu disebut pra produksi.
                                 sebuah proses dalam  mewu-       Semua ini  tentunya membu-
                                 judkan media grafis komu-        tuhkan biaya. Dalam biro
                                 nikasi. Pra produksi bisa        advertising yang besar pem-
                                 dikatakan sebuah awal suk-       biayaan ini dibuat secara
                                 sesnya    sebuah     pekerjaan   global, namun bila advertising
                                 besar    dalam    mewujudkan     kecil anggaran pro produksi
                                 impian dalam sebuah media        dimasukkan ke dalam proses
                                 grafis komunikasi. Sebagai       produksi atau jasa  peran-
                                 contoh, salah satu perusaha-     cangan     agar    pengeluaran
                                 an yang ingin  produknya         anggaran pada posisi ini tidak
                                 mempunyai       merek     yang   kelihatan atau seakan tidak
                                 mudah dikenal masyarakat,        ada.
                                 dan bagaimana mempromosi-
                                 kannya.
                                                                  B. Desain /Produksi
                                 Langkah awal suatu biro jasa         (Design)
                                 pembuat  merek dan media
                                 grafis tentunya harus mem-       Proses desain/produksi meru-
                                 bedah produk tersebut, spe-      pakan proses dari layout kasar
                                 sifikasi produk, jenis  produk,   hingga  layout  komprehensif.
                                 kelebihan produk, dan seba-      Tahapan proses inilah tentu-
                                 gainya. Proses inilah yang       nya memerlukan biaya yang
                                 dikatakan proses pra produksi,   harus dikeluarkan, baik secara
                                 yaitu pencarian data tentang     perorangan maupun kelompok
                                 suatu produk.                    (organisasi).




                                 Desain Grafis Komunikasi                                    449











                               http://hsusanto.blogspot.com
   199   200   201   202   203   204   205   206   207   208   209