Page 144 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 144

Gambar 16.22:
                                             Satu paket dummy  (contoh visual lengkap) kemasan
                                             berdasarkan aneka warna disesuaikan dengan rasa





                                 x Gambar/ilustrasi               x Bentuk
                                 Fungsi utama darai gambar/       Strategi produsen dalam mem-
                                 ilustrasi adalah untuk mengin-   promosikan produknya bisa
                                 formasikan    visual   tentang   dibuat cara melalui tampilan
                                 produk, sebagai pendukung        bentuk kemasan. Kemasan
                                 teks, penekanan yang mem-        yang eklusif akan mengun-
                                 berikan kesan tertentu, atau     dang perhatian banyak  orang,
                                 sebagai    penangkap      mata   sekaligus    memberi     kesan
                                 untuk menarik calon pembeli.     produk elegan, eklusif, dan
                                 Gambar/ilustrasi dapat diung-    kesan mahal (meskipun pro-
                                 kapkan melalui gambar ta-        duknya tidak mahal). Bila
                                 ngan, fotografi, maupun kom-     kemasannya menarik tentunya
                                 puter. Gambar/ilustrasi dengan   pembeli    jarang/tidak   akan
                                 teknik fotografi sering  diguna-  membuang bungkus produk
                                 kan untuk produk  kemasan        setelah dipakainya. Kemasan
                                 makanan yang menunjukkan         tadi bisa untuk tempat/wadah
                                 adanya bahan dasar alami         barang lain atau di  seimpan
                                 untuk merangsang selera dari     sebagai barang hias  dalam
                                 produk tersebut.                 ruangan.







                                 Desain Grafis Komunikasi                                    390











                               http://hsusanto.blogspot.com
   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149