Page 193 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 193

Advertysing    Festival,   dan   x Konsep Visual
                                 tingkat Asia Adfest di Thailand,
                                 maupun     tingkat   dunia   di  Pada perancangan (desain)
                                                                  kemasan
                                                                               ini,
                                                                                     background
                                 Amerika.    Adanya     tuntutan
                                 ajang festival ini para praktisi   gambar  yang digunakan ada-
                                 grafis sudah mencoba mengi-      lah gradasi warna yang dari
                                                                  warna terang ke warna yang
                                 kuti kualitas karya kompetisi.
                                                                  semakin gelap yang  berfungsi
                                                                  untuk menambah keindahan
                                                                  visual dari kemasannya. Selain
                                 D. Final Design
                                                                  itu pada desain kemasan ini
                                 1.   Final dan konsep logo       juga ditampilkan adanya gam-
                                                                  bar surabi yang berjajar jajar,
                                                                  untuk    menjelaskan    secara
                                                                  visual produk makanan yang
                                                                  ditawarkan

                                                                  x Konsep Verbal
                                                                  Penggunaan gradasi warna
                                                                  yang dari warna terang ke
                                                                  warna yang semakin gelap
                                                                  mengartikan adanya kema-
                                                                  tangan,    kenikmatan     yang
                                     Gambar 16.95: Merek serabi imut   lebih.
                                                                  Seperti yang telah dijelaskan
                                                                  diatas bahwa sasaran kon-
                                 2.  Final dan konsep desain      sumen utama Surabi Imut
                                                                  Bandung adalah untuk usia
                                                                  remaja, untuk itu  konsep
                                                                  desain yang diarancang untuk
                                                                  kemasannya juga diarahkan
                                                                  kepada usia remaja. Pada
                                                                  konsep desainnya sengaja
                                                                  dipilih warna – warna terang
                                                                  atau ceria yang  mewakili jiwa
                                                                  keceriaan remaja  sekaligus
                                                                  juga berfungsi sebagai peng-
                                                                  identifikasian  rasa surabi itu
                                                                  sendiri.   Selain    itu   juga
                                                                  diatampilkan ilustrasi  gambar
                                     Gambar 16.96 a,b,c,d: Alternatif
                                      desain sesuai dengan konsep   surabi berupa  trace,  ini juga
                                                                  memberikan kesan visualisasi
                                                                  yang dapat menarik minat




                                 Desain Grafis Komunikasi                                    439











                               http://hsusanto.blogspot.com
   188   189   190   191   192   193   194   195   196   197   198