Page 88 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 88

otomotif suzuki “inovasi tiada   x  Penekanan pada Manfaat
                                 henti”, produk komputer pla-
                                 tinum dengan mengandalkan        Media grafis komunikasi yang
                                                                  menarik konsumen dengan
                                 teknologinya,   ballpen   “Bic”
                                 yang mengandalkan kelan-         cara mengemukakan faedah
                                 caran dalam menulis,  tought     pemakaian suatu produk atau
                                                                  jasa tertentu. Media grafis
                                 jeans, dan sebagainya.
                                                                  komunikasi jenis ini sering
                                                                  ditayangkan di media televisi
                                                                  tentang produk-produk rumah-
                                                                  tangga    yang    ramah    ling-
                                                                  kungan, seperti alat pember-
                                                                  sih   air,  penghisap    debu,
                                                                  produk peralatan rumah-tang-
                                                                  ga dengan teknik bongkar-
                                                                  pasang, atau jenis produk baru
                                                                  yang mempunyai kelebihan
                                                                  dari pada produk sebelumnya.
                                                                  Bagaimana memancing calon
                                                                  pembeli agar terbujuk untuk
                                                                  membeli produk yang iinfor-
                                                                  masikan, walaupun sebelum-
                                                                  nya mereka sudah  membeli
                                                                  jenis merk yang sama. Strategi
                                                                  yang dipakai adalah  mengin-
                                                                  formasikan kualitas, kelebihan,
                                                     Gambar 12.3:
                                            Meskipun harganya murah,    fasilitas, keung-gulan yang
                                             tapi kualitasnya luarbiasa   ada pada produk yang baru
                                                                  dikeluarkan. Sebagai  contoh
                                                                  media grafis komunikasi mobil
                                                                  yang    tiap  tahun    berganti
                                                                  sejalan dengan jenis produk
                                                                  yang dikeluarkan.

                                                                  Agar masyarakat tidak me-
                                                                  nganggap bahwa produk baru
                                                                  dikeluarkan ini tidak sama
                                                                  dengan produk terdahulu, ma-
                                                                  ka di sini perlu penjelasan ten-
                                                                  tang kelebihan terhadap pro-
                                                                  duk terbaru, sehingga  masya-
                                                     Gambar 12.4:
                                      Pendekatan emosional pada merek   rakat bisa membadingkannya.
                                                    jeans yang kuat





                                 Desain Grafis Komunikasi                                    336












                               http://hsusanto.blogspot.com
   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93