Page 93 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 93

Kita sering  memepringati hari
                                 ulang    tahun   kemerdekaan
                                 Indonesia yang setiap tahun
                                 diperingati.  Dimana kita men-
                                 jelang tanggal 17 Agustus
                                 tentu akan mendapatkan me-
                                 riahnya sambutan terhadap
                                 bangsa ini. Media grafis ko-
                                 munikasi musiman juga tampil
                                 yang bertema sesuai dengan
                                 pesta kemerdekaan.  Sering
                                 adanya kegaitan yang bertema
                                 kemerdekaan,     kadang    kita
                                 bosan apa yang ditampil-
                                 kannya, namun hal kebosanan
                                 ini tampaknya malah  mudah
                                 diingatkan    terhadap     jiwa
                                 nasionalis, sepeti pada media
                                 grafis komunikasi di bawah.



                                 x Faktor Tokoh
                                                                   Gambar 12.14:
                                 Tokoh atau idola ditampilkan      Orang kadang kepingin seperti tokoh
                                 dalam media grafis  komuni-       yang dipujanya
                                 kasi merupakan cara yang
                                 ampuh dalam membidik pasar
                                 bagi masyarakat yang tergila-    Tokoh     atau    idola   Okky
                                 gila (fanatik) terhadap tokoh    orangnya cantik, tinggi, dan
                                 idolanya. Adanya tampilan to-    ramping, dan profesinya seba-
                                 koh    idola  sebagai    model   gai    peragawati.    Tentunya
                                 dalam mempromosikan pro-         masyarakat banyak yang kenal
                                 duk/jasa jelas berbeda dengan    tokoh yang satu ini yang sring
                                 produk/jasa yang dipromo-        muncul di masmedia. Tidak
                                 sikan menggunakan model          salah bila  perusahaan mem-
                                 lain. Masyarakat seakan ter-     bidik dia untuk digunakan
                                 bius dan sangat percaya bila     sebagai      model      produk
                                 tokoh idolanya menggunakan       ”Slimming Tea” Mustika Ratu
                                 produk/jasa yang dikomuni-       yang diperuntukkan bagi kaum
                                 kasikan.                         Hawa yang kepingin tubuhnya
                                                                  menjadi ramping dan me-
                                                                  nawan.






                                 Desain Grafis Komunikasi                                    341












                               http://hsusanto.blogspot.com
   88   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98