Page 100 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 100

kolom diblok dengan warna            memahami terhadap  apa
                                 hitam dengan dipadu tulisan di       yang diinformasikan se-
                                 bawahnya  berbunyi “ada me-          sungguhnya, yang diang-
                                 nuju penerangan”. Hari ketiga        gapnya sebagai klimak.
                                 muncul media grafis  komu-
                                 nikasi lanjutan media grafis
                                 komunikasi tersebut di posisi
                                 yang sama dengan munculnya
                                 tulisan  ukuran besar yang
                                 mengarahkan suatu  produk
                                 berbunyu “terus terang PHILIP
                                 terang terus”.
                                 Secara visual, jenis media
                                 grafis komunikasi ini  kadang
                                 menonjolkan tipografinya (ba-
                                 hasa verbal) atau ilustrasinya
                                 (bahasa visual). Kesemuanya
                                 diterapkan tergantung daya
                                 tariknya yang dianggap jitu
                                 untuk menggaet mangsa. Bila
                                 ditampilkan ilustrasi,  strategi
                                 yang dipakai antara lain,
                                 seperti produk ”hemaviton”.        Gambar 12.24:
                                                                    Seorang bapak terheran-heran
                                 a.  Ilustrasi pertama, meng-
                                     gambarkan konotasi yang
                                     jauh dari apa yang akan
                                     diinformasikan, baik pro-
                                     duk tertentu, daya tarik
                                     tertentu yang mengajak
                                     mata menuju sesuatu yang
                                     menggugah        pera-saan
                                     atau pikiran yang aneh.
                                 b. Ilustrasi   kedua,   audien
                                     dikacaukan lagi karena
                                     tenggapan terhadap me-
                                     dia    grafis   komunikasi
                                     pertama    meleset,    dan
                                     mencoba untuk menafsir
                                     produk /  jasa apa yang
                                     dikomunikasikan.
                                 c.  Ilustrasi  ke tiga meru-
                                     pakan bomnya sebuah            Gambar 12.25:
                                     strategi, kalayak diajak       Seorang ibu terkesima


                                 Desain Grafis Komunikasi                                    348












                               http://hsusanto.blogspot.com
   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105