Page 95 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 95

pikiran kita  pada produk yang
                                 sama. Jenin media grafis
                                 komunikasi ini antara lain me-
                                 dia grafis komunikasi “indomi”
                                 dengan jenglenya yang khas,
                                 atau media grafis komunikasi
                                 “suchlin”   yang   mempunyai
                                 slogan “coba tebak,  ibu siapa
                                 yang menggunakan suchlin”.



                                 x Iklan Musiman
                                 Media grafis komunikasi mu-
                                 siman     untuk    kesempatan
                                 tertentu yang ditujukan pada
                                 konsumen pada waktu-waktu
                                 tertentu sesuai dengan ka-
                                 lender waktu atau musim.
                                 Jenis media grafis komunikasi     Gambar 12.16:
                                 ini sering  dimunculkan pada      Setiap menjelang awal sekolah,
                                 musim  menjelang ajaran baru      selalu muncul iklan musiman
                                 tiap tahun, yaitu seperti me-
                                 nawarkan peralatan sekolah,      Berbeda pula, bila media grafis
                                 sepatu, seragam sekolah atau     komunikasi ini mena-warkan
                                 sejenisnya.                      produknys dimasa hari Natal
                                                                  dengan cara menge-masnya
                                 Menjelang  hari Raya, banyak-    seperti   layaknya     kejadian
                                 nya  media grafis komunikasi     sungguhan  di hari Natal, atau
                                 menawarkan      produk    yang   banyaknya media grafis komu-
                                 berhubungan dengan acara         nikasi perguruan tinggi swasta
                                 tersebut, seperti produk sa-     yang menawarkan jasa pendi-
                                 rung    dan    sajadah,   atau   dikannya dimasa kelulusan
                                 kemasan dalam media grafis       SLTA atau musim masyarakat
                                 komunikasi yang menampil-        akan melanjutkan pendidikan
                                 kan kemeriahan suatu pesta       ke perguruan tinggi.
                                 besar umat agama Islam yaitu
                                 seperti makanan siap saji        x Iklan bersama
                                 menjelang    berbuka    puasa,
                                 serta   kemenangan      setelah  Media grafis komunikasi ko-
                                 berpuasa     sebulan    penuh    lektif yaitu semua media grafis
                                 dengan     pesta   kemeriahan    komunikasi  anonim atau bu-
                                 minum bersama, seperti pada      kan dilakukan oleh berbagai
                                 media     grafis    komunikasi   perusahaan saingan maupun
                                 “Coca-Cola”.                     bukan untuk bersama-sama


                                 Desain Grafis Komunikasi                                    343












                               http://hsusanto.blogspot.com
   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100