Page 98 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 98

Media cetak yang mengko-         pada suatu cerita, hal inilah
                                 munikasikan sebuah majalah       yang dibidik desainer untuk
                                 perempuan yang diterbitkan       penyampaian pesan. Penyam-
                                 pada bulan April bertepatan      paian    produk/jasa    melalui
                                 menjelang hari Kartini. Pada     bidikan cerita terhadap ma-
                                 tahap awal orang akan banyak     syarakat harus benar-benar
                                 bertanya    dan    mempunyai     kena di  hati masyarakat,
                                 pandangan konotasi  tentang      khususnya alur cerita yang
                                 yang media yang disampaikan      disampaikan. Bila cerita perta-
                                 terhadap ilustrasi mata terpe-   ma tidak berhasil akan mem-
                                 jam dan bertuliskan ”habis       pengaruhi pesan cerita beri-
                                 gelap” pada latar warna hitam.   kutnya. Penyampaian media
                                 Ausien mengira bahwa produk      ini biasanya berurutan, yaitu
                                 yang ditampilan mungkin  obat    media grafis komunikasi per-
                                 tetes mata, atau peringatan      tama, setelah beberapa kali
                                 hari Kartini, atau yang lain.    ditampilkan baru media beri-
                                 Setelah audien membuka pa-       kutnya, seperti:
                                 da halaman berikutnya baru       Media 1,
                                 terjawab, bahwa yang dikomu-     ditampilkan ilustrasi jean yang
                                 nikasikan    adalah    majalah   mempunyai tali panjang yang
                                 Kartini.
                                                                  dipotomng. Tampilan ini men-
                                                                  ceritakan  telah lahir jean
                                                                  (seperti     bayi)    bernama
                                                                  ”Denim”.














                                                    Gambar 12.20:
                                       Iklan lanjutan bisa memanfaatkan
                                                   moment tertentu


                                 x Iklan Berseri

                                 Media grafis komunikasi ini
                                 dibuat dengan pendekatan
                                 suatu cerita bersambung atau      Gambar 12.21:
                                 berseri. Orang kadang tertarik    Telah lahir sebuah jeans




                                 Desain Grafis Komunikasi                                    346












                               http://hsusanto.blogspot.com
   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103