Page 110 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 110

XIV. PRODUK DESAIN GRAFIS KOMUNIKASI
                                           YANG MENGARAH TUNTUTAN PASAR
                                                                  memutuskan dalam  mende-
                                                                  sain produk yang mengacu
                                 Persaingan antar produk di       pada :
                                 pasaran mendorong produsen
                                 gencar untuk berpromosi yang     x  Beroperasinya produk ke
                                 dapat menarik perhatian kon-         dalam satu  atau beberapa
                                 sumen. Promosi dapat dilaku-         wilayah geografis, seperti
                                 kan melalui berbagai cara,           iklan rokok Long Beach
                                 antara lain; melalui promosi         ditujukan kepada masya-
                                 penjualan, publisitas umum,          rakat wilayah Asean yang
                                 penjulan pribadi, dan periklan-      berselera rokok putih,
                                 an. Promosi melalui periklanan   x  Beroperasinya produk ke
                                 sangatlah efektif karena dapat       dalam semua wilayah  de-
                                 memberikan informasi yang
                                 jelas terhadap produk pada           ngan memperhatikan vari-
                                                                      asi-variasi kebutuhan dan
                                 segmen tertentu.
                                                                      pilihan geografis, seperti
                                                                      ”Indomi” rasa kedaerahan,
                                                                      ada rasa  Rawon Sura-
                                 A.    Pasar sebagai Sasaran
                                       Produk                         baya, Sate Madura, Ren-
                                                                      dang Padang dan lain-lain.
                                 Strategi   komunikasi     yang
                                 sering dipergunakan dalam        Jenis produk yang berda-
                                 membidik pasar sasaran ada-      sarkan kewilayahan tersebut
                                 lah adanya pengelompokan         sering dilakukan  advertiser
                                 pasar/segmen sebagai wilayah     dalam menciptakan  desain
                                 calon pembeli/ pemakai. Pemi-    periklanan ke  local genius.
                                 lihan kelompok pasar yang        Perbedaan     konsep     acuan
                                 spesifik akan lebih mudah        pada daerah tertentu  dalam
                                 mengkomunikasikan       produk   desain periklanan yang mem-
                                 melalui media periklanan. Me-    berikan    kekhasan     daerah
                                 nurut Philip Kotler, segmentasi   tertentu, seperti seni dan
                                 pasar    adalah    memilahmi-    budaya yang ada, merupakan
                                 lahkan  suatu pasar yang luas    penekanan     informasi   yang
                                 ke dalam kelompok-kelompok.      melekat pada produk. Sebagai
                                                                  contoh daerah Jawa Timur
                                 1. Faktor Geografis              yang mengangkat seni Ludruk,
                                                                  Jawa    Tengah     mengangkat
                                 Segmen pasar berdasarkan         seni Wayang Purwa, Jawa
                                 faktor   geografi   merupakan    Barat dengan seni jaipong-
                                 tujuan   pasar    dalam    unit  annya, Bali yang diekpos tari
                                 geografis yang berbeda. Pada     Kecaknya dan daerah lain
                                 segmen ini, advertiser/praktisi   atau budaya yang  ada di




                                 Desain Grafis Komunikasi                                    358











                               http://hsusanto.blogspot.com
   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115