Page 115 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 115

B.  Pasar sebagai Tuntutan       dan usahanya untuk meme-
                                     Kebutuhan Konsumen           nuhi kebutuhan tersebut me-
                                                                  lalui “pertukaran” atau “barter”.
                                 Setiap orang akan selalu         Di dalam masyarakat yang
                                 berusaha untuk dapat  meme-
                                 nuhi kebutuhannya dengan         system perekomomiannya ter-
                                 menggunakan atau mengkon-        batas ini, tiap individu dalam
                                                                  masyarakat berusaha untuk
                                 sumsi prosuk/jasa yang ada.
                                 Usaha      untuk    memenuhi     memenuhi kebutuhannya  me-
                                                                  lalui hasil produksinya  sendiri.
                                 kebutuhan ini sebagian besar
                                 dilakukan    melalui   “pasar”.  Jika mendapatkan produk  lain
                                 Pentingnya pasar di dalam        yang yang tidak dihasilkannya,
                                                                  mereka akan berusaha mem-
                                 masyarakat dapat dilihat da-
                                 lam    kehidupan    sehari-hari,  perolehnya dari individu lain
                                 seperti toko, warung, kios,      yang menghasilkan kebutuh-
                                                                  annya tersebut untuk kemu-
                                 swalayan,  supermarket atau
                                 shopping center selalu dipe-     dian saling bertukar produk.
                                 nuhi oleh konsumen.              Di dalam perkembangannya,
                                                                  ditemukan “alat pertukaran”
                                 Semakin tinggi taraf hidup dan
                                 tingkat sosial suatu masya-      sehingga kemudian kita me-
                                 rakat, semakin banyak  tingkat   ngenal “ kegiatan transaksi
                                                                  jual-beli”.  Pada saat itulah
                                 pilihan masyarakat tersebut
                                 untuk memenuhi keinginan         pemasaran     menjadi    arena
                                                                  kegiatan transaksi jual beli,
                                 dalam kebutuhan. Untuk dapat
                                 mengikuti kebutuhan  masya-      dimana seluruh barang yang
                                 rakat yang semakin meningkat     dihasilkan atau diproduksi de-
                                                                  ngan mudah dapat dijual.
                                 itu, kegiatan pemasaran tidak
                                 saja   menyangkut     masalah    Usaha meningkatkan produksi
                                 mengalirnya produk dari pro-     jumlah barang termasuk pula
                                                                  jumlah jasa untuk memenuhi
                                 dusen ke konsumen me-
                                 lainkan  juga hal-hal kegiatan   kebutuhan manusia ini menim-
                                 penelitian produk baru.          bulkan adanya kegiatan “per-
                                                                  dagangan” dan “usaha pendis-
                                 Pengembangan produk yang         tribusian” barang / jasa dari
                                 ada yang  dilakukan  sejalan     produsen ke konsumen.
                                 dengan pengembangan ting-        Adanya peningkatan taraf hi-
                                 kat kesejahteraan masyarakat
                                 serta   perubahan     persepsi   dup masyarakat yang  tercer-
                                 masyarakat terhadap produk-      min dalam kesejahteraan yang
                                                                  meningkat, orang tidak saja
                                 produk di pasaran, penetapan
                                 harga, dan  pelayanan kepada     memikirkan     tantang   kebu-
                                 konsumen atau langganan.         tuhannya (needs), melainkan
                                                                  juga meningkatkan pemikiran
                                 Kegiatan pasar berasal dari      akan keinginan (wants).
                                 adanya kebutuhan manusia




                                 Desain Grafis Komunikasi                                    363











                               http://hsusanto.blogspot.com
   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120