Page 112 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 112

film. Sunsilk Ginseng  “me-  tetangga bisa dilakukan de-
                                     miliki  rambut     panjang   ngan cara bertamu, mem-
                                     hitam yang menggoda”,        bantu    yang    membutuhkan
                                     yang ditujukan pada pe-      ataupun yang lain. Produk
                                     rempuan penuh percaya        yang diarahkan ke segmen pa-
                                     diri terhadap rambutnya      sar   ini  antara   lain   kopi
                                     yang dapat menarik lawan     Torabika  yang “siap dihi-
                                     jenisnya, begitu juga iklan   dangkan sewaktu-waktu”.
                                     produk Pon’s White Beauty
                                     yang membuat kaum pria       b.  Jenis kelamin
                                     tertarik pada yang mema-     Segmen pasar jenis kelamin
                                     kaianya
                                                                  merupakan pelemparan pro-
                                 x  Iklan produk yang menga-      duk seni dan desain ke
                                     rah ke segmen remaja laki-   pasaran    dengan     memper-
                                     laki agar lebih dekat pada   hatikan kesempatan kebutuh-
                                     perempuan, antara lain       an pria, wanita atau  kedua-
                                     EXTRA     JOSS     sebagai   duanya.
                                     kekuatan otot lelaki yang    x  Segmen ke arah wanita
                                     menjadi dambaan wanita.          remaja yang lebih  cen-
                                                                      derung untuk melihat se-
                                 3) Golongan dewasa Segmen
                                                                      suatu yang lemah lembut,
                                 Pasar yang diarahkan ke              anggun, dan harmonis,
                                 kelompok      orang    dewasa        seperti produk jamu  Hay-
                                 merupakan segmen yang luas           ping, sebagai  “jamu pe-
                                 bila   dibandingkan    dengan        langsing tubuh merupakan
                                 golongan     anak-anak     dan       dambaan setiap wanita”.
                                 remaja. Hal ini dapat diketahui   x  Segmen yang diarahkan
                                 dari ciri-cirinya, seperti peman-    pada pria remaja  yang
                                 tapan letak  kedudukan, orien-       mempunyai sifat gagah.
                                 tasi   tugas     kebersamaan,        Pemberani,    dan    penuh
                                 hubungan  sosial yang tinggi         percaya diri, sperti pada
                                 dan    sebagainya.    Segmen         iklan  kemeja Arrow, rokok
                                 pasar yang mengarah pada             Marlboro, dan rokok Jarum
                                 pemantapan kedudukan (ja-            Super.
                                 batan, ekonomi) merupakan
                                 produk-produk eklusif, seperti   3.    Faktor Psikologis
                                 produk ramah lingkungan.
                                                                  Segmen pasar berdasarkan
                                 Hubungan sosial dalam kehi-      faktor psikologi merupakan
                                 dupan orang dewasa meru-         jangkauan pasar  berdasarkan
                                 pakan salah satu kerukunan       unsur kejiwaan dalam diri
                                 hidup di masyarakat. Hubu-       manusia. Pada segmen pasar
                                 ngan bermasyarakat di  antara    ini para pembeli dibagi ke




                                 Desain Grafis Komunikasi                                    360











                               http://hsusanto.blogspot.com
   107   108   109   110   111   112   113   114   115   116   117