Page 113 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 113

dalam kelompok yang ber-         ekonomi yang tinggi,  melain-
                                 beda-beda berdasarkan kelas      kan suatu  gejala yang timbul
                                 sosial, gaya hidup, dan ciri-ciri   dari  diri  manusia   untuk
                                 kepribadian.                     mencapai     kepuasan     batin
                                                                  terhadap benturan tuntutan di
                                 a. Kelas sosial                  masyarakat. Misalnya, Hand
                                                                  Pone merupakan alat komu-
                                 Kelas sosial adalah kelompok-
                                 kelompok yang relatif abadi      nikasi langsung, juga adanya
                                 dalam suatu masyarakat yang      kepuasan  batin agar tidak
                                 tersusun secara hirarkis dan     dikatakan ketinggalan jaman,
                                 para anggota masyarakatnya       begitu juga Mc. Donald’s yang
                                 mempunyai nilai, minat, dan      mengangkat tuntutan spiko-
                                 tingkah   laku   yang    sama.   logis bagi yang membelinya.
                                 Produk yang ditujukan pada
                                 kelas sosial sangat  melekat     c. Kepribadian
                                 dengan status si pembeli         Kepribadian yang dimaksud
                                 (konsumen). Seperti  produk      adalah ciri-ciri psikologis sese-
                                 jamu yang dikemas kapsul,        orang    yang     menimbulkan
                                 dengan     harapan    agar   si  tanggapan  secara relatif, kon-
                                 pembeli lebih cepat mene-        sisten terhadap lingkungan-
                                 lannya dan kelihatan lebih       nya. Kepribadian bisa berguna
                                 modern (seperti obat).           untuk menganalisis tingkah
                                                                  laku konsumen jika terdapat
                                 b. Gaya hidup                    hubungan  antara jenis kepri-
                                                                  badian tertentu dengan pro-
                                 Gaya hidup seseorang me-
                                 nunjukkan pola hidup ma-         duk. Sifat kepribadian,  seperti
                                 syarakat yang diperlihatkan      lemah lembut, ceria, suka
                                 dalam kegiatan. Gaya hidup       bergaul, ingin tampil beda dan
                                 seseorang mencerminkan  ke-      sebagainya, yang kesemua-
                                 seluruhan     pribadi    orang   nya dapat ditangkap sebagai
                                 tersebut    dalam    pergaulan   pengguna produk yang akhir-
                                 dengan lingkungannya. Gaya       nya muncul desain kemasan
                                 hidup memperlihatkan sesuatu     rokok yang berjiwa muda,
                                 yang lebih dari pada sekedar     seperti rokok  Stard Mile, dan
                                 kelompok  sosial atau priba-     make up  Putri yang dibuat
                                 dinya sendiri. Gaya hiduplah     warna-warni penuh keceriaan.
                                 yang menggambarkan keselu-
                                 ruhan pola bertindak dalam       4.    Faktor Behavioristik
                                 pola interaksi seseorang  yang   Segmen pasar berdasarkan
                                 mempunyai ciri psikologis.       faktor behavioristik merupakan
                                                                  jangkauan  pasar yang me-
                                 Gaya hidup tidak sepenuhnya
                                 dipengaruhi oleh pendapatan      ngarah pada perilaku  konsu-
                                                                  men dengan memperhatikan



                                 Desain Grafis Komunikasi                                    361











                               http://hsusanto.blogspot.com
   108   109   110   111   112   113   114   115   116   117   118