Page 111 - Teknik Grafik Komunikasi
P. 111

daerahnya     untuk   diangkat   x  Iklan yang mengarah ke
                                 sebagai pendukung tampilnya          segmen hiburan atau per-
                                 suatu iklan. Seperti iklan rokok     mainan anak, antara lain
                                 Djei Sam Soe 234 kretek yang         boneka, mobil-mobilan, je-
                                 selalu mengang-kat seni dan          nis makanan ringan anak-
                                 budaya sebagai pendukung             anak yang ditunjang de-
                                 misi  “produk warisan para           ngan hadiah didalamnya.
                                 leluhur”.
                                                                  x  Segmen anak-anak yang
                                 2.    Faktor Demografis              diarahkan pada  khayalan
                                                                      atau meniru tokoh-tokoh
                                 Segmen pasar berdasarkan             “Super” seperti, iklan susu
                                 faktor demografi merupakan           Bendera yang menam-
                                 pembagian pasar ke dalam             pilkan tokoh  “Kapten Ben-
                                 kelompok-kelompok      variabel      dera yang  mengajak ter-
                                 demografi     (kependudukan).        bang ke Roma” sebagai
                                 Pemilihan variabel pada seg-         hadiah   bagi   anak-anak
                                 men pasar ini yaitu tingkat usia     yang mengkonsusinya.
                                 dan daur hidup, dan jenis
                                 kelamin.                         2) Golongan remaja

                                 a.  Tingkat usia dan daur hidup   Masa    remaja    ini  disebut
                                                                  sebagai masa penghubung
                                 1) Golongan anak-anak            atau masa peralihan antara

                                 Masa perkembangan anak-          masa kanak-kanak ke masa
                                 anak merupakan masa per-         dewasa. Pada periode ini
                                 kembangan ke arah keremaja-      terjadi perubahan-perubahan
                                 an,   seperti   perkembangan     besar dan esensial mengenai
                                 fisik, motorik,bicara,  emosi,   kematangan psikologis  dalam
                                 bermain, kreativitas, moral, ke-  menemukan       dirinya   dan
                                 pribadian, dan perkembangan      mencari nilai-nilai kebaikan,
                                 lainnya.                         kebijaksanaan, keindahan, se-
                                                                  nang terhadap tokoh idola
                                 x  Produk yasng mengarah         (terkenal), tertarik lawan jenis,
                                     pada segmen pendidikan       dan lain-lain.
                                     anak antara lain iklan
                                     Pepsodent  fersi “yuk ber-   x Penginformasian       produk
                                     main”    dengan    misinya       melalui iklan yang  me-
                                     “bagaimana cara merawat          ngarah ke segmen pasar
                                     gigi yang sehat”, susu           remaja perempuan antara
                                     Bendera 123 yang mengin-         lain; iklan Lux  “sabun
                                     formasikan tentang  bagai-       kecantikan bintang-bintang
                                     mana ibu muda mendidik           film”  yang diperuntukan
                                     anaknya dalam berkomu-           bagi perempuan yang me-
                                     nikasi dan bermain.              ngidolakan para bintang




                                 Desain Grafis Komunikasi                                    359











                               http://hsusanto.blogspot.com
   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115   116